Minggu, 23 Oktober 2011

Analisis Antarmuka Pencarian dan Hasil Pencarian (SERP)

Pada posting kali ini saya akan mencoba menyampaikan analisis saya mengenai antarmuka pencarian dan hasil pencarian (SERP) untuk situs web sebuah Bank di Indonesia, Bank BNI.

Search engine pada situs web Bank BNI secara design interface sudah menyerupai tampilan search engine pada umunya. Tetapi ada beberapa hal yang berbeda, seperti tombol pencarian yang digunakan, dan posisi search engine pada halaman web. Jika pada umumnya tombol untuk memulai pencarian adalah tombol dengan label gambar kaca pembesar atau tombol berlabel “search”, pada situs ini menggunakan tombol berlabel “Go”. Adanya tombol tulisan “Cari” disebelah kiri text box membuat tombol “Go” menjadi useless, karena sudah jelas bagi pengguna bahwa alat itu digunakan untuk melakukan pencarian. Selain itu posisi search engine pada halaman web ini ada di kiri atas, biasanya posisi search engine ada di kanan atas halaman web.


Prioritas hasil pencarian dengan keywords “phone plus” dan “tariff phone plus” sangat berbeda. Ketika menggunkan keywords yang pertama hasil pencarian tidak langsung memprioritaskan tentang produk tersebut sebagai hasil pencarian pertama, bahkan hasil yang ditampilkan sangat jauh berbeda dengan apa yang dimaksud oleh keywords. Namun dengan keywords yang kedua, hasil pencarian langsung menampilkan hasil pencarian mengenai produk sebagai prioritas utamanya.

Halaman hasil pencarian kurang memberikan history kepada pengguna. Biasanya pada halaman hasil pencarian juga dicantumkan keywords yang digunakan ketika melakukan pencarian, namun tidak pada situs web ini (poin 1). Halaman hasil pencarian juga tidak menampilkan jumlah hasil pencarian (poin 2). Selain itu tidak ada result highlights pada kata yang dijadikan sebagai keywords pada halaman hasil pencarian (poin 3). 


Penomoran untuk tiap hasil pencarian pada situs web ini agak membingungkan karena tidak jelas menunjuk untuk hasil pencarian yang mana, sebaiknya penomoran tersebut diletakkan tepat di samping page title untuk memudahkan penggunanya (poin 4).

Deskripsi singkat yang ditampilkan dari link yang menjadi hasil pencarian terlalu pendek, sehingga kurang memberi gambaran/informasi kepada pengguna mengenai apa isi dari link yang merupakan hasil pencarian tersebut (poin 5).

Warna pada link yang sudah dibuka tidak menampilkan warna yang berbeda dari warna sebelum link dibuka. Link pada situs web ini baik yang sudah dibuka maupun belum dibuka berwarna abu-abu. Hal ini juga kurang memberikan history kepada pengguna mengenai link mana yang telah dibuka. Perbedaan warna link ini juga tidak muncul pada nomor page hasil pencarian, sehingga pengguna tidak tahu sedang berada pada page ke berapa. Tetapi nomor page dimana pengguna berada tidak clickable (poin 6).




Desain Perbaikan
Berikut saya tampilkan hasil perbaikan desain yang saya coba lakukan berdasar analisis di atas.


  • Search engine diletakkan di pojok kanan homepage 
  • Menampilkan keywords yang digunakan dalam pencarian.
  •  Menampilkan jumlah hasil pencarian.
  •  Link yang sudah dikunjungi memiliki warna yang berbeda dengan link  yang belum dikunjungi.
  •  Memberikan highlight pada kata yang merupakan bagian dari keywords  yang digunakan.
  • Menambah deskripsi singkat mengenai isi link yang menjadi hasil pencarian, agar dapat memberikan informasi singkat kepada pengguna.
  • Memberikan warna yang berbeda pada nomor page yang sedang dibuka.
  • Meletakkan nomor hasil pencarian tepat di sebelah judul hasil pencarian yang diperoleh.

Daftar Pustaka

Chak, Andrew. 2003. Submit Now: Designing Persuasive Websites. New Riders Publishing.

Arlov, Laura; Seres, Silvija. 2005. Achieving Good Search Usability [terhubung berkala].   http://www.silvija.net/0000FastPublications/FAST%20SBP%20Usability%20Handbook.p df [22 Oktober 2011].

deGeyter, Stoney. 2008. Searching for Better On-Site Search Usability [terhubung berkala]. http://www.searchengineguide.com/stoney-degeyter/searching-for-better-onsite-search-usabi.php [22 Oktober 2011].

Justin. 2011. 10 Usability Guiedlines for Designing the Search Interface [terhubung berkala]. http://usabilitygeek.com/10-usability-guidelines-for-the-search-interface/ [22 Oktober 2011].


G64090092

Tidak ada komentar:

Posting Komentar