Senin, 05 September 2011

IMK - Sour Sally, Sebuah Interface yang Menarik dan Menjual

Waktu ditugas untuk mencari sebuah interface yang 'menarik' ini diturunkan, saya langsung teringat sebuah web dari suatu produk yogurt yang tidak sengaja saya temukan sebelumnya (tadinya saya sempat lupa alamat web-nya =.=). Langsung saja, ini dia web-nya Hello Sour Sally! :D

Dari tampilan loading page-nya saja menarik perhatian bukan? :D. Pada loading page ini awalnya hanya ada tulisan "loading" dan sebuah garis yang semankin memanjang, yang akhirnya menunjukan sebuah karakter anak perempuan yang bernama Sour Sally.


Setelah loading page selesai, akan muncul page seperti berikut


Selain digunakan sebagai "alat" promosi, web ini juga digunakan untuk mengenal detail tentang produk yogurt tersebut melalui karakter Sour Sally yang dapat user mainkan, dengan meng-klik "Dig In" dan menggerakkan karakter Sour Sally sesuai petunjuk yang ada pada page di atas. Setelah meng-klik "Dig In" kita dapat menjelajahi page pada web ini, kita seperti diajak bermain dengan menggerakkan karakter Sour Sally ke topping yang ada, seperti pineapple, strawberry, dll.

Kalau pada umumnya menu pada sebuah web ada di bagian atas web (seperti toolbar), pada web ini menu terletak menyebar ditandai dengan sebuah cangkir yang disertai papan nama. Untuk masuk ke menu tersebut, user mengarahkan karakter ke atas cangkir dan menceburkannya ke dalam cangkir dengan meng-klik balon (balon akan meletus) yang digunakan karakter untuk terbang. Namun ada cara lain untuk mempermudah user masuk ke menu-menu yang ada, yaitu dengan meng-klik "Menu" yang ada di kanan page ini.


Berikut screen capture beberapa menu yang ditampilkan


Kesimpulannya, web ini memang terlihat agak kekanak-kanakan dan feminim tetapi secara keseluruhan web ini sangat interaktif, menarik, dan sangat 'menjual' untuk produk mereka. User bisa mendapat informasi tentang produk dengan cara "bermain" di page ini, sangat menyenangkan. Walaupun sangat interaktif, tetapi menurut saya cara penyampaian informasi produk kurang efektif karena agak sulit kalau kita (user) tidak mengerti cara "memainkannya".

Sekian review dari saya, silahkan kalau ada yang mau memberikan pendapatnya. :D

Sabarina Hidayat (G64090092)

7 komentar:

  1. Awalnya saya kurang mengerti dengan review yang telah disampaikan diatas. Namun setelah saya masuk dan menjelajah disana, ternyata memang sangat menyenangkan. Benar-benar sangat interaktif, dan membuat kita nyaman untuk berlama-lama menjelajah web tersebut.
    Mungkin memang sangat benar bila kita dapat saja memasukkan web tersebut ke dalam kategori yang kekanak-kanakan dan terlalu feminin. Tapi menurut saya itu memang pilihan design yang sangat tepat, karena kebanyakan yang menyukai yoghurt memang kaum hawa (dilihat dari manfaatnya).
    Saya setuju dengan Sabarina, bahwa 'cara penyampaian informasi produk kurang efektif'. Karena selain user harus mngerti cara memainkannya, proses loading untuk menampilkan pilihan menu yang kita pilih pun membutuhkan proses yang agak lama bila dibandingkan kita hanya sekadar berjalan-jalan atau bermain-main dengan karakter sour sally.
    Ayo teman-teman wanita yang menyukai yoghurt, silahkan bekunjung, sangat menyenangkan lohhh ... ^_^

    BalasHapus
  2. Setelah saya melihat di websitenya, ada yang mengganjal pada bagian "per" dimana bila karakternya dilepaskan di bagian "per" tersbut maka sang karakter akan terus menerus loncat tanpa henti. Menurut saya, hal itu merupakan salah satu bug yang sangat mengganggu user.

    BalasHapus
  3. makasih komentarnya ariny,rangga :D

    oh iya,saya lupa tentang "per" itu. awalnya saya juga merasa terganggung dan bingung bgmn menghentikan karakter agar tidak trs menerus melompat,tapi ternyata kita bisa menggunakan tanda panah ke kiri/kanan yang ada pada keyboard. dgn bgtu karakter akan begeser dari "per" tsb dan jatuh ke bawah...

    BalasHapus
  4. hmm website yang 'unyu2' nih :D. tak sengaja berputar2 sebentar, ternyata saya mengumpulkan item2 tertentu yang berada pada backgorund web, mirip quest kecil2an. setelah terkumpul saya mendapatkan gift mungkin wallpaper sour sally (krn blm smpt saya buka).
    tetapi ketika ingin mengakses gift itu kembali pada pojok kiri atas agak sulit krn terganggu promosi iklan, bisa diatasi dengan mengrahkan mouse lebih kepojok lagi.
    overall sebagai media promosi websitenya keren abis.

    BalasHapus
  5. Seperti yang sudah disampaikan di atas, tampilan web ini memang sangat menarik. Cara penyajian menu yang berbeda awalnya membuat saya agak pusing karena harus mencari dimana letak si menu. Tapi untungnya ada menu bantuan di sebelah kanan halaman. Jadi lebih terbantu. Setelah meng-klik habis semua menu bantuannya barulah saya menjelajah ke 'dunia Sally' ini. Cantik ya... Tapi sayang proses loading yang dibutuhkan setiap menu lumayan lama. Tapi secara umum web ini bisa jadi pencerahan.

    BalasHapus
  6. setuju dengan semua comment teman-teman yang mengatakan bahwa web ini sangat "cantik" sehingga menarik minat user namun cara penyampaian informasi produk kurang efektif jika ada beberapa user yang belim tahu bagaimana cara "memainkannya".

    BalasHapus
  7. iya,loading timenya agak lama.. dan web ini kurang user friendly, apalagi pas di halaman informasi produk..jujur,sempet bingung xD
    Overall,unyu webnya:3

    BalasHapus